Begini Cara Mendapatkan QR Code PeduliLindungi untuk Pemilik Usaha - Kelasinong

Wednesday, February 9, 2022

Begini Cara Mendapatkan QR Code PeduliLindungi untuk Pemilik Usaha

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.



PeduliLindungi kini menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki masyarakat ketika ingin berkunjung ke berbagai tempat keramaian, seperti fasilitas umum, pusat perbelanjaan atau restoran bahkan tempat wisata.

Sebelum masuk ke tempat keramaian, biasanya pengunjung akan diminta untuk melakukan scan QR code menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau aplikasi lain (seperti Tokopedia, Gojek, dan lainnya) yang sudah terintegrasi dengan sistem PeduliLindungi.

Setelah QR Code tersebut di-scan, maka akan ditampilkan informasi check-in pengunjung seperti nama dan nomor identitas, lokasi check-in, tanggal dan waktu check-in, tanggal dan waktu check-out, serta kategori aktivitas.

Bagi pemilik usaha, tentunya penting untuk di situasi saat ini menyediakan QR code PeduliLindungi di pintu masuk guna membantu pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan QR code tersebut? Dikutip dari akun Instagram resmi Kemenkes (kementerian Kesehatan), ada beberapa langkah yang harus dilakukan pemilik usaha untuk mendapatkan QR code PeduliLindungi.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Registrasi akun via: cmsreg.dto.kemkes.go.id (nantinya akan diminta untuk mengisi formulir dengan data yakni nama, email, nomor HP, kategori, nama tempat atau gedung, nama instansi atau perusahaan, dan alamat);
  2. Tunggu sampai akun di verifikasi;
  3. Buat password untuk aktivasi akun;
  4. Login akun via cms.pedulilindungi.id;
  5. Masukkan detail informasi tempat/lokasi;
  6. Download dan cetak poster QR Code untuk diletakkan di pintu masuk.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done