Cara Setting Waktu dan Tanggal Di Mikrotik dengan SNTP client - Kelasinong

Sunday, December 8, 2019

Cara Setting Waktu dan Tanggal Di Mikrotik dengan SNTP client


Assalamualaikum, Disini saya akan menjelaskan Mengenai SNTP Client dan cara mengaturnya di Mikrotik.
Sebelum masuk ke tutorialnya alangkah baiknya kita harus paham kenapa kita harus mengatur waktu dan tanggal pada Router Mikrotik kita.
Pertama, Dengan kita mengatur waktu dan tanggal pada Router Mikrotik, Kita akan mudah memonitoring Router kita, Apalagi kalo kita sebagai Admin jaringan tentu ini sangat penting, Apalagi kalo kita buat usaha RT/RW Net, Tentu dengan adanya SNTP Client ini kita tidak perlu ke bingungan akan kadaluarsanya voucher yang kita generet.
Didalam pengaturan SNTP Client banyak daftar waktu yang disediakan kita tinggal atur sesuai lokasi dan tempat kita, Untuk daftar Untuk daftar NTP server yang bisa kita gunakan dapat kita lihat di http://www.pool.ntp.org/ . Untuk server di Asia kita bisa mengunjungi http://www.pool.ntp.org/zone/asia .

Keterangan :
- Router harus bisa konek ke internet
- Lakukan basic config

Untuk melakukan setting SNTP Client cukup mudah, Ikutin langkah di bawah ini.
1. Pergi ke tab System lalu klik SNTP Client, langkahh disini saya menggunakan nama domain,
jangan lupa centang Enable dan pilih Mode : unicast lalu Apply.
- Contoh menggunakan IP 
2. Langkah ke-2 kita pergi ke tab System dan pilih Clokc, Untuk Time Zone Name sesuaikan dengan kota atau tempat tinggal kita, disini saya pilih jakarta. lalu Apply
3. Untuk membuktikan kita pergi ke Header ada Tab Dashboar lalu pilih Add Time dan Add date, maka akan tampil di pojok kanan. 
Mungkin cuma itu yang dapat saya share dalam artikel kali ini, Kalo ada yang tidak dimengerti bisa komen di kolom komentar dan jangan lupa like dan share jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done