Mengenal Big Data, Apa itu Big Data ? - Kelasinong

Thursday, October 24, 2019

Mengenal Big Data, Apa itu Big Data ?






Big data adalah istilah yang menggambarkan volume besar data – baik terstruktur maupun tidak terstruktur – yang membanjiri bisnis sehari-hari. Namun bukan jumlah data yang penting. Apa yang dilakukan organisasi dengan data itulah yang penting. Big data dapat dianalisis demi pemahaman yang mengarah kepada keputusan dan gerakan bisnis strategis yang lebih baik.

Volume. Organisasi mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, media sosial, dan informasi dari data sensor atau mesin-ke mesin. Di masa lampau, menyimpannya akan menjadi masalah – namun teknologi baru (seperti Hadoop) mampu meringankan beban ini.

Velocity (Kecepatan) Data mengalir dalam kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan harus ditangani secara tepat waktu. Tag RFID, sensor, dan pengukuran pintar mendorong kebutuhan untuk menghadapi derasnya curahan data secara hampir real-time.

Variety (Keberagaman) Data hadir dalam semua jenis format – dari data terstruktur dan numerik dalam database tradisional hingga dokumen teks tidak terstruktur, email, video, audio, data stock ticker, dan transaksi keuangan.

Berfungsi : Menciptakan nilai bisnis melalui analisis data.
Bermanfaat :  Memberi wawasan baru gunamenetapkan strategi dan mengambil keputusan yang lebih baik bahkan Melahirkan langkah bisnis.
Sumber : Data sensor adri internet of things, Log Files, Social Media Files, seperti Audio, Call Center, Call Log, Dan semua data internal perusahaan/organisasi.

5 Bid data use case businis untuk competitive advantage

- Costemer 360 degree view.
- Frand detection and prevention.
- Recomendation engines.
- Prodective and preventive maintance.
- Sentiment analisis.

- Apa itu Dedi cated server ? Singkatnya, jika shared hosting adalah jenis layanan hosting yang berada dalam satu server dan resourcenya dibagi dengan pengguna hosting lain. Maka, dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang berbentuk seperti virtualisasi server, dimana memungkinkan pelanggan untuk menyewa bagian server lebih banyak bahkan seluruh server penuh bisa ditempati oleh website pelanggan tersebut. Sehingga, resource yang didapat tentu akan lebih banyak daripada jika hanya menggunakan shared hosting.

-Apa itu Colocation Server ? Colocation server merupakan suatu jenis layanan yang memberikan tempat khusus untuk menyimpan atau menitipkan server bermacam data center. Dimana penyimpanan dilakukan dengan infrastruktur dan standar keamanan memadai baik untuk faktor fisik ataupun non fisik. Hal ini lantaran sejumlah insfrastruktur colocation membutuhkan sokongan arus listrik stabil, akses internet stabil, power generator, UPS, flooring, air temperatur control, keamanan, dan sistem CCTV.

- Apa itu Cloud Computing ? merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.



ITB Asia Malang 
Pendaftaran Online ITB Asia Malang
Semoga bermanfaat. Terimakasih :)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done